Senin, 10 Mei 2010

Pengenalan Organisasi

Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuannya.
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang yang mempunyai tujuan bersama, bekerja bersama-sama untuk mencapai sasaran atau tujuan tertentu, dengan kata lain organisasi merupakan system unit proses menghimpun orang bersama-sama untuk berpihak dan bergerak sebagai satu-kesatuan, satu kebulatan dalam mencapai stu tujuan bersama. Organisasi merupakan suatu wadah, dimana kita dapat mengembangkan, mengekspresikan kemampuan diri kita sebagai seorang organisator (anggota organisasi) dalam berkomunikasi dan tidak canggung dengan sesama ataupun di lingkungan di mana kita berada.
Mengapa harus mengikuti organisasi?
Dalam kehidupan bermasyarakat yang terdiri dari berbagai sumber daya manusia (SDM), beragam pola pikir, karakter, dan kebiasaan, maka sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa kita memerlukan teman bicara, bertukar pikiran berbagai pengalaman dan seterusnya kemudian berkembang menjadi satu kelompokyang menginginkan suatu pencapaian dan tujuan tertentu. Beranjak dari sinilah perlunya organisasi bagi umat manusia awam seperti kita ini dalam bermasyarakat.
Secara khususnya organisasi merupakan sekelompok manusia yang bekerjasama, dengan suatu perencanaan kerja dan peraturan, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Tidak ada komentar: